Sabtu, 06 Agustus 2016

Praktik meditasi di Indonesia kini tengah naik daun. Dari berbagai manfaat yang ada, kebiasaan ini disebut-sebut juga memikiki manfaat bagi kesehatan.

Demikian disampaikan oleh praktisi meditasi Amrit Gurbani, ditemui di sela-sela acara grand opening The Golden Space Indonesia, yang diadakan di Kompleks Sudirman Park, Jakarta Pusat.


Wara Wiri - Salah satu manfaat tersebut yakni mengurangi fobia. Menurut Amrit, fobia sebenarnya terjadi di bawah kesadaran seseorang. Melalui meditasi, orang tersebut bisa lebih mengenal dan memahami ketakutannya tersebut.

"Dibantu untuk tahu kenapa kita takut dengan hal itu. Biasanya orang itu takut kan bisa karena stigma atau sugesti. Bisa saja terpengaruh dari orang di sekitar atau lingkungan. Dengan meditasi, orang tersebut bisa lebih paham tentang psikisnya,"

Selain itu, meditasi dikatakan juga dapat membantu mengatasi stres, mengurangi nyeri dan meningkatkan tingkat konsentrasi.

Bagi pasien kanker, meditasi juga memberikan manfaat positif. Amrit mencontohkan, pasien dengan kanker payudara misalnya, dengan konsisten meditasi dapat memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Pasien tidak akan terpuruk dan stres menghadapi penyakitnya, yang biasanya dapat memperburuk keadaan.

"Kita bantu explore bagaimana menyeimbangkan pikiran, emosi dan fisik. Arah pikirnya diubah dulu biar tahu tujuan hidup. Setelah pasien bisa lebih optimistis, keluarga pun bisa lebih tenang. Kanker kan bukan penyakit satu orang saja, tapi juga keluarganya,"

Semoga informasi yang Wara Wiri berikan bermanfaat bagi teman-teman semua. Bantu share ya kalau bermanfaat, Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar