Rabu, 31 Agustus 2016


Wara Wiri - Jagat sepakbola Indonesia sepekan ini ramai soal nama Wanderley Santos, pesepakbola asal Brazil yang bermain di Klub Al Nasr Uni Emirat Arab (UEA). Banyak yang bertanya-tanya, apa iya Wanderley yang dituliskan kelahiran Brazil ini sudah jadi WNI?

Keragu-raguan terjawab. Imigrasi melakukan jumpa pers, Rabu (31/8/2016) di Jakarta, yang menyatakan Wanderley bukan WNI. Dari data Imigrasi sama sekali tak ada nama Wanderley. Wanderley berusia 27 tahun, dia diketahui berasal dari Brazil dan bermain di posisi striker.

"Setelah kami lakukan pengecekan identitas pemain bola tersebut dia tidak masuk dalam data-data pemain naturalisasi dan ternyata dalam pembuatan paspor nama yang bersangkutan tidak ditemukan dalam data keimigrasian dan nomor paspornya juga tidak tercatat dalam SIMKIM," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Heru Santoto Ananta Yudha di Aula Ditjen Imigrasi, Gedung Sentra Mulia, Jl HR Rasuna Said kav X-6 No 8, Kuningan, Jakarta Selatan.


Bagaimana bisa Wanderley mengaku-ngaku berpaspor Indonesia? Imigrasi angkat bahu. Tapi kabarnya, di liga UEA ada pembatasan mengenai warga asing non Asia yang bermain. Dan kabar-kabarnya, tak sedikit yang mengakali dengan urusan paspor ini. 

Tapi kenapa paspor Indonesia?

"Bukan ranah kami. Tetapi dengan dia bermain di negara tertentu dan gunakan paspor Indonesia mungkin bisa ditanya otoritas setempat," 

0 komentar:

Posting Komentar